Perkembangan teknologi dunia pendidikan sangat pesat di era digital seperti sekarang ini. Informasi seputar pembelajaran seakan tak ada batas untuk mengakses. Metode mengajar pun mau tidak mau harus mengalami transformasi ke arah metode yang baru, dari metode konvensional ke metode ICT (Information and Communications Technology).

Media pembelajaran sebagai penunjang KBM sangat penting untuk dimanfaatkan oleh guru dan murid sebagai pelaksana KBM di sekolah. KBM yang lebih intens menggunakan media pembelajaran dengan baik akan menghadirkan suasana belajar yang tidak membosankan, sehingga siswa merasakan adanya manfaat dari media pembelajaran yang digunakan. Dewasa ini sudah banyak tools yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Bahkan pemerintah pun sudah menyediakan melalui Portal Ruma Belajar yang digawangi oleh Pustekom Kemendikbud.

Portal https://belajar.kemdikbud.go.id ini menyediakan konten-konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik maupun peserta didik. Portal ini sangat memudahkan guru untuk memanfaatkan teknologi pendidikan. Bahkan bukan hanya pendidik yang bisa mendapatkan konten pembelajaran namun juga bisa berbagi konten media pembelajaran dengan mengunggah ke portal rumah belajar sehingga teman-teman guru yang lain bisa saling berbagi. Portal rumah belajar bisa dimanfaatkan dengan dua versi, yaitu versi registrasi dan non registrasi.

Dengan registrasi pengguna dapat mengupload konten, mengunduh konten, komunikasi dan interaksi berupa forum, kelas maya serta bimbingan belajar yang ada di portal rumah belajar, sebaliknya jika tidak registrasi pengguna hanya bisa melihat konten yang ada di portal rumah belajar. Oleh karenanya sangat disayangkan bila guru tidak registrasi dan tidak memiliki akun di portal rumah belajar. Meski saat ini masih terbilang belum cukup banyak untuk konten-kontennya namun seiring perkembangan dan massifnya para guru memanfaatkannya maka akan terus bertambah kwantitas kontennya.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari portal rumah belajar:
1. Belajar menjadi menyenangkan dengan berbagai fitur dan konten yang interaktif.
2. Belajar tanpa batas waktu dan tempat dengan mengakses portal rumah belajar kapan saja dan dimana saja.
3. Belajar bersama dengan komunikasi forum dan sebagainya.
4. Salin tukar bahan ajar untuk pengayaan materi belajar.

Sebagai pendidik kita harus peka terhadap perkembangan zaman dan bersinergi menciptakan karya-karya, salah satunya karya media pembelajaran dan bahan ajar yang bisa disinkronkan dengan portal rumah belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *