Taman Wisata LebahRabu, 05 November 2014 SMP Islam Mentari Indonesia mengadakan outing class “Entrepreneur Visiting” ke Taman Wisata Lebah Madu Pramuka di Cibubur. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program rutin Entrepreneur Visiting sekolah yang terintegrasi dengan beberapa mata pelajaran, diantaranya PAI, IPS, IPA, Entrepreneurship dan Prakarya. Mengambil tempat di Madu Pramuka merupakan pengenalan terhadap minuman madu dari mulai penangkaran lebah hingga proses panen lebah. Dengan demikian para peserta didik mengetahui proses pembuatan madu hingga pemasaran produk (distribusi) untuk mata pelajaran Entrepreneurship.

Diawali dengan materi dari pembimbing di dalam ruangan berbentuk goa di halaman Taman Wisata Lebah. Banyak materi yang didapat oleh peserta didik dari mulai jensi-jenis lebah hingga lebah terbaik yang menghasilkan madu terbaik. Setelah materi disampaikan selanjutnya peserta didik praktek di lapangan. Pertama mereka melihat penangkaran lebah yang berada di dalam kotak kemudian menelitinya. Terakhir mereka melakukan proses panen lebah dengan cara digiling melalui alat yang disediakan. Hasilnya pun bisa langsung mereka rasakan. Setelah itu mereka menikmati arena Taman Wisata Lebah sambil persiapan istirahat, makan siang dan sholat zhuhur berjamaah. Beberapa peserta didik tak lupa membeli oleh-oleh serta souvenir dari Madu Pramuka.

Selepas dari Madu Pramuka kami menuju Telaga Arwana Cibubur yang terletak tak jauh dari Madu Pramuka. Banyak sekali arena permainan yang tersedia, juga ada pemancingan. Berhubung waktu sudah lewat siang maka para peserta didik dan guru pendamping hanya bermain outbond dan flying fox. Para peserta didik semangat sekali mencoba wahana flying fox sambil bermain di area Telaga Arwana Cibubur. Tepat waktu Ashar semua sudah selesai bermain kemudian shalat Ashar berjamaah dan kembali pulang ke Bekasi.

Proses Panen Madu dari Penangkaran Madu

Proses Panen Madu dari Penangkaran Madu

Outbond Flying Fox Di Telaga Arwana

Outbond Flying Fox Di Telaga Arwana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *