Raker Dan Sinkronisasi Program SekolahPerencanaan jangka panjang pendidikan merupakan cita-cita akan sebuah transformasi pendidikan. Tak hanya di tingkat nasional, masing-masing daerah pun berlomba mencanangkan program-program pendidikan yang transformatif dan gradual. Hal tersebut tentunya harus pula selaras dengan program pendidikan nasional. Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi pun menyadari akan pentingnya meningkatkan mutu pendidikan sebagai cita-cita dan pengejawantahan dari program-program sekolah, sub rayon, seksi, bidang sampai dinas pendidikan.

Untuk itulah Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi melaksanakan rapat kerja dan sinkronisasi program sekolah untuk tingkat SMP yang dilaksanakan di SMP Al-Amin Cikarang Utara pada hari Kamis tanggal 26-02-2015. Dengan dihadiri lebih dari seratus kepala sekolah Disdik memulai paparannya dengan pendekatan saintifik untuk kurikulum yang disampaikan oleh Kasie. Kurikulum. Berangkat dari kurikulum sebagai basic dalam menentukan proses hingga output pendidikan maka perlu dipahami bersama bahwa curriculum effect akan terasa jika standar isi, proses, penilaian, dan kompetensi lulusan sesuai dengan program  pendidikan.

Selanjutnya dari Kasie. Kelembagaan yang juga mewakili Kasubbag. Perencanaan memaparkan program-program kedinasan yang harus sinkron dengan program sekolah di kabupaten Bekasi. Dari program-program yang dicanangkan dibagi menjadi dua, yaitu program anggaran dan program rutin. Program anggaran tentunya sebagai wadah pengelolaan kegiatan yang bersumber dari APBN/APBD Provinsi dan APBD Kab. Bekasi. Program rutin yang terus digalakkan diantaranya Ketertiban sekolah, K7, dan GDD (Gerakan Disiplin Daerah). Kulminasi dari semua program-program yang dicita-citakan adalah sebagai grand design pendidikan kabupaten Bekasi.

Secara terstruktur digambarkan bahwa periode tahun 2015-2019 ini adalah daya saing regional dan selanjutnya tahun 2020-2024 kita sudah masuk daya saing internasional. Sebelumnya, tahun 2010-2014 kita masih berada pada penguatan pelayanan dengan dialokasikannya banyak bantuan dan hibah pendidikan baik fisik maupun non fisik. Dengan grand design pendidikan ini maka mau tidak mau siap tidak siap kita semua harus meningkatkan mutu baik guru maupun peserta didik. Semoga cita-cita bersama ini terwujud dan mampu menempatkan kabupaten Bekasi pada tingkat internasional khususnya di bidang pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *