IGI Bekasi: Workshop “Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran”. Minggu (12/0212) saya berkesempatan mengisi pelatihan bersama para pendidik di wilayah utara Bekasi tepatnya di Babelan dan sekitarnya, namun ternyata pesertanya ada juga yang bertugas di sekolah wilayah Jakarta. Pelatihan internet yang diselenggarakan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi ini dilaksanakan di SMP Islam Plus Attaqwa 12 Kebalen Babelan Bekasi Utara.

Sesi I Workshop "Pemanfaatan Internet Untuk Pembelajaran"

Pada pembukaan, Ketua IGI Bekasi, Dahli Ahmad, S.Pd mengatakan bahwa saat ini tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi semakin cepat. Peserta didik kita rata-rata sudah mampu menggunakan internet, maka jika guru tidak menambah kemampuannya akan tertinggal dengan peserta didik. IGI Bekasi yang concern dengan peningkatan mutu dan kompetensi guru selalu ingin berbagi diantara sesama kawan-kawan guru seputar dunia pendidikan dan perkembangannya yang dinamis,sesuai dengan tagline IGI “Sharing and Growing Together”.

Di Sesi pertama, saya diberi kesempatan oleh panitia untuk mengisi materi Pengenalan Internet Dasar. Fokus materi ini adalah kepada pengenalan internet, search engine, email, dan pengelolaannya secara optimal dan maksimal. Para peserta guru yang beraneka ragam latar belakang pengalamannya menggunakan internet merasa sangat terbantu dengan pelatihan ini. Diantaranya mereka bisa mengoptimalkan email untuk proses pembelajaran, dan mencari sumber-sumber pembelajaran via search engine. Para peserta yang belum memiliki email pun langsung diarahkan untuk membuat email via yahoo kemudian mempraktekkan cara mengirim, melampirkan file hingga mendownload lampiran yang ada di email. Tak lupa pula mereka langsung bergabung di milis IGI Bekasi dan memulai forum diskusi. Doorprize diberikan kepada para peserta yang pertama masuk emailnya ke email igibekasi@yahoo.com dan peserta yang pertama terdaftar ke milis yahoogroups igibekasi.

Sesi kedua selanjutnya diisi oleh Oktaviana yang akrab disapa Bu Yana merupakan kelanjutan dari sesi pertama. Sebagai basis awal untuk berselancar di dunia maya yang harus menggunakan email, selanjutnya peserta dikenalkan beberapa social media (socmed) untuk dimanfaatkan juga dalam proses pembelajaran. Diantaranya peserta diharapkan melalui akun facebook dan twitter mampu menampilkan bahan-bahan pembelajaran. Peserta yang belum memiliki akun socmed langsung diarahkan membuat akun di facebook dan twitter. Bu Yana menyampaikan juga aspek positif dan negatif dari penggunaan socmed. Selanjutnya peserta diarahkan untuk memanfaatkan socmed diantaranya membuat catatan materi bisa melalui fitur note (catatan) di facebook kemudian di tagg kepada peserta didik. Peserta langsung mendaftar di group facebook IGI Bekasi dan memfollow @igibekasi. Doorprize diberikan kepada peserta yang lengkap akun twitternya dan ngetwitt dengan mention @igibekasi dan hashtag #itdasarigibekasi.

Dengan pelatihan ini diharapkan para guru sudah tidak lagi menganggap internet itu sulit dan tidak memanfaatkannya dengan optimal. Rencananya pelatihan tahap berikutnya akan diadakan di daerah selatan Bekasi di Bantar Gebang.

Salam Guru Blogger

2 Comments

  1. Wow keren, dan semoga kegiatan yg positif ini terus ditularkan kepada teman-teman guru lainnya.

    salam
    Omjay

  2. Pingback: Pelatihan Internet II Bersama IGI Bekasi; Suasana Asri dan Sejuk Penambah Semangat « ABU 'ABBAD ANNAJAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *