Memberikan hadiah lomba paper maulid nabi Muhammad SAW kepada peserta didik

Menulis merupakan potensi luar biasa yang dimiliki oleh seseorang. Keterampilan ini bisa diasah dengan cara melatih diri untuk menuliskan sesuatu yang dirasakan, dilihat, diamati, dan kemudian dituliskan ke dalam tulisan. Kekuatan tulisan bisa menggerakkkan manusia untuk menemukan semangat, spirit, dan motivasi. Selain itu juga, tulisan seringkali mampu menemukan fakta-fakta baru yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Pantas saja ada pepatah mengatakan, “dengan tulisan kita mampu mengubah dunia.”

Sebagai sarana latihan menulis bagi siswa, beberapa bulan lalu saya mengadakan lomba menulis paper tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini saya adakan atas inisiatif sendiri dan hadiah pun dari saya pribadi dalam rangka memasuki bulan maulid Nabi Muhammad SAW. Tujuannya agar mengasah potensi peserta didik dalam hal tulis menulis sekaligus mengetahui sejarah dan hikmah diadakannya maulid Nabi SAW. Peserta didik kelas VII SMP Islam Mentari Indonesia nantinya mampu untuk mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan tema paper dan kemudian mengkonfirmasi dengan data-data lain yang mungkin berseberangan. Argumentasi masing-masing penulis juga merupakan nilai lebih yang bisa menguatkan karakter tulisan tersebut.

Setelah menyeleksi beberapa paper yang masuk, terakhir ada tiga paper yang cukup baik untuk dilanjutkan ke tingkat final, karena lomba ini hanya internal kelas VII dan tentu jurinya pun hanya saya maka tidak perlu memakan banyak waktu. Kegiatan ini pun saya laksanakan sebagai salah satu metode pembelajaran kontekstual dan juga menstimulus minat dan bakat siswa dengan memberikan reward dari apa yang peserta didik peroleh.

Tsamarah Dedinta Cahya Utami berhasil memenangkan lomba tersebut dengan total point 90. Dengan adanya kegiatan ini semoga menambah semangat peserta didik untuk lebih giat menulis dan mempublikasikannya via blog masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *