Gema Ramadhan semarak di beberapa tempat dengan mengadakan kegiatan-kegiatan Islami. Salah satunya Pesantren Ramadhan (Sanlat) Ramadhan. Pada hari Jum’at, 16 Juni 2017 saya memenuhi undangan panitia Sanlat Ramadhan DKM Masjid As-Su’ada Perum. Candrabaga Bekasi. Kegiatan sanlat yang dilaksanakan selama 2 hari ini diikuti oleh berbagai pelajar di lingkungan sekitar komplek perumahan tersebut. Adapun saya berkesempatan mengisi sesi di hari kedua dengan tema “Motivasi Belajar Pelajar Islam”. Para peserta sanlat antusias mengikuti sesi motivasi sebagai bekal mereka dalam menuntut ilmu.

Secara garis besar saya sampaikan bahwa belajar adalah ibadah, belajar adalah amanah dan belajar adalah barokah. Ketiga point ini harus senantiasa dijaga dalam rangka memotivasi diri kita setiap langkah menuntut ilmu. Kemudian beberapa kendala dan tantangan dalam belajar menjadi hal menarik yang didiskusikan dengan para peserta. Dan terakhir hasil dari belajar serta buah dari predikat orang yang berilmu sebagaimana Al-Qur’an nyatakan akan diangkat beberapa derajat. Hal tersebut menjadi pemacu semangat bagi para peserta.

Semoga kita semua senantiasa menjadi manusia pembelajar dimanapun dan kapanpun serta selalu diridhoi Allah SWT dalam menuntut ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *