BHAYU SULISTIAWAN nama lengkap yang diberikan kedua orang tua campuran Jawa Tengah dan Jawa Barat. Lahir di Sukabumi namun secara legal formal tertera lahir di Bekasi. Menghabiskan masa kecilnya di Bekasi. Menamatkan masa sekolah mulai dari SDN 04 Ujungmenteng Jakarta Timur (lulus tahun 1998), MTs. Attaqwa Pusat Bekasi (lulus tahun 2001), MA Attaqwa Pusat Bekasi (lulus tahun 2004). Semasa sekolah tingkat menengah (MTs & MA) dilaluinya dalam lembaga pondok pesantren Attaqwa Pusat Bekasi. Selepas mondok melanjutkan pengembaraan keilmuan ke kota pelajar Yogyakarta kuliah jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (lulus tahun 2008). Saat ini sedang menempuh pendidikan S2 jurusan Pendidikan Agama Islam.

ABU ABBAD merupakan nama “kuniyah” (dalam isitilah bahasa Arab) yang dinisbahkan kepada nama anak saya yaitu Abbad, lengkapnya Fahmi Ibnu Abbad Annajam. Abbad merupakan anak pertama kami yang secara magis memiliki ikatan yang kuat sehingga saya menggunakannya sebagai nama rumah maya ini yang sebelumnya di www.abuabbad.wordpress.com sejak tahun 2011 dan beralih ke www.abuabbad.com mulai tahun 2017. Nama itulah yang kemudian lebih dikenal di dunia maya. Selain nama itu, beberapa kawan waktu kuliah memanggil dengan Babay, murid-murid dengan singkat memanggil Pak Bhay, jama’ah ta’lim ada yang menyingkat dengan memanggil Pak Ubhay (ustadz Bhayu).

Dari selepas lulus SD memang sudah bercita-cita jadi guru dan gemar berorganisasi. Semasa sekolah bergabung dengan Pelajar Islam Indonesia (PII) menjadi pengurus daerah (PD Attaqwa). Dimasa kuliah aktif di organisasi baik intra kampus maupun ekstra kampus. Di Intra kampus menjadi anggota UKM Musik UMY, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) hingga menjadi Ketua BEM FAI UMY. Di extra kampus aktif di organisasi HMI-MPO dari mulai anggota hingga menjadi Ketua Komisariat FAI UMY dan pengurus HMI Cabang Yogyakarta. Selain itu juga aktif di organisasi mahasiswa daerah yaitu Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Jawa Barat di Yogyakarta dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Bekasi (IKAMASI-YOGYAKARTA). Terakhir menjabat Ketua Umum IKAMASI-YOGYA.

Aktifitas di dunia pendidikan dimulai sejak tahun 2008 ketika masih di Yogyakarta, mulai magang mengajar di SMA Muhammadiyah Bantul kemudian kembali ke Bekasi dan bergabung di Yayasan Mentari Indonesia sejak tahun 2009. Mengawali pengabdian mengajar di SDIT Mentari Indonesia hingga menginisiasi lahirnya SMP Islam Mentari Indonesia hingga kini dipercaya sebagai Kepala Sekolah sejak tahun 2014. Sempat bergabung juga dengan Yayasan Al-Azhar Harapan Indah namun tidak lama.

Bergabung dengan beberapa organisasi guru dan komunitas blogger mendominasi perjalanan karir serta pengembangan diri sebagai trainer dan sharing partner beberapa lembaga pendidikan formal dan non formal. Passion di bidang pelatihan khususnya berkaitan dengan ICT, literasi, public speaking, motivasi, organisasi, manajemen sekolah, kajian keislaman, telah memberi banyak warna pergaulan, pengalaman serta pemikiran.

Saat ini diamanahi sebagai Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Bekasi, Bendahara Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) dan beberapa jabatan di organisasi lain.

Lihat profil singkat saya di Emaze

2 Comments

  1. Assalamu’alaikum wr wb, kayaknya pernah ke kantor MPM ya waktu penelitian S1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *