Masa-masa lulus sekolah merupakan masa yang sangat menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan. Selain kita senang karena sudah menempuh masa sekolah yang penuh suka duka kita juga dihadapkan pada tantangan ke depan. Tak jarang sebagian orang ketika lulus sekolah justeru bingung. Kesuksesan pada titik itu merupakan bayangan yang absurd namun menggoda untuk diraih. Berbicara sukses tentu semua orang ingin sukses. Selepas sekolah tingkat akhir (SMA) biasanya kita sudah dihadapkan pada pertanyaan menuju kesuksesan.

Dari latar belakang itulah saya berkolaborasi dalam acara pengajian bulanan alumni Ponpes Attaqwa Tahun 2016 “Al-Arsyad”, Minggu 29 Januari 2017. Keluarga alumni yang masih hangat karena baru lulus dan tentunya banyak yang masih galau hendak kemana langkah selanjutnya. Memenuhi undangan tersebut saya menyampaikan tema pengajian motivasi “Meraih Kesuksesan Menggapai Keberkahan”. Sukses dan berkah merupakan term yang tak bisa dipisahkan. Seseorang bisa saja sukses namun belum tentu hidupnya dipenuhi keberkahan.

Berada di tengah-tengah keluarga alumni ponpes Attaqwa mengingatkan saya beberapa tahun silam, meskipun kami berbeda sekian tahun generasi namun rasa kekeluargaan tetap terasa.

Dalam sesi tersebut saya sampaikan beberapa hal yang bisa membuat kita meraih kesuksesan dan menggapai keberkahan dunia akhirat. Berbekal pengalaman kita dari masa-masa di pondok dulu tentulah mereka juga sudah mengalami berbagai pengalaman. Dari kedisiplinan, ketertiban, ketangguhan sampai dengan ketahanan fisik.

Beberapa unsur yang dapat membuat kita mencapai kesuksesan di bidang apapun kita melangkah diantaranya keteguhan, ketaatan, kesabaran, konsisten, dan selalu minta nasehat guru.

abuabbad.com
Berbagi & Berkolaborasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *