Sejak tahun 2011 awal mulanya Teacher Writing Camp (TWC) hadir maka sejak itu pula jatah liburan saya di semester 1 (libur semesteran) biasanya sudah saya plot untuk ke TWC dulu sebelum mengagendakan liburan ke destinasi yang lain. TWC yang cikal bakalnya pada waktu itu diawali dengan pelatihan menulis bagi guru dan saya mendapatkan juara pada lomba menulis di blog merupakan ajang silaturahmi antar guru se Indonesia. Adapun nilai plusnya adalah jejaring dan sharing. Pada tahun ini TWC Batch #6 kembali digelar di Wisma UNJ pada tanggal 29-31 Desember 2016.

TWC #6

Bukan tanpa alasan mengapa TWC tiap tahun slalu dinanti oleh beberapa guru yang belum sempat ikut pada tahun-tahun sebelumnya. Branding TWC bahkan sudah merambah ke beberapa daerah dengan adanya peserta yang berasal dari daerah luar Jabodetabek. Dari angkatan 1 sampai dengan 6 sekarang banyak sekali peserta (alumni TWC) yang kini juga sudah merasakan nikmatnya menulis. Beberapa bahkan sudah menjadi trainer juga.

Namun bukan hanya menulis an sich yang diberikan pada TWC. Berdasarkan dari evaluasi tiap tahun dan saran dari beberapa peserta serta melihat juga perkembangan kebutuhan dari profesi guru maka mulai pada TWC 3-6 juga diberikan pengalaman dari materi Public Speaking for Teacher dan Pemanfaatan tools ICT utk pembelajaran.

Bagi saya TWC bukan hanya sebuah event pelatihan guru melainkan juga sebagai kawah candradimuka bagi terciptanya kompetensi guru pada 3 domain utama yaitu literasi, ICT, dan public speaking.

Bersama Kang Namin (www.motivatorpendidikan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *