Menyambut tahun baru Islam yang merupakan kalender Qomariyah dalam Islam, saya bersama para murid dan guru memperingatinya bersama-sama di sekolah tercinta dengan mengadakan kegiatan parade Muharram. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan guru ini bertujuan membangkitkan semangat keislaman dan muhasabah diri agar memasuki tahun baru dengan penuh doa dan menutup tahun dengan memohon ampun. Banyak masyarakat juga yang melaksanakan kegiatan dalam menyambut tahun baru ini. Semarak tahun baru Hijriah pun dirasakan oleh masyarakat sekitar sekolah.

Semarak Parade Muharram 1436 H

Semarak Parade Muharram 1436 H

Diawali dengan dzikir bersama pada ba’da ashar di musholla sekolah (Al-Barkah) kegiatan Muharram dibuka, dipimpin wakil kepala sekolah bapak Ustadz Ahmad Fauzi, S.Pd.I. Setelah dzikir dilanjutkan Doa bersama serta doa akhir tahun kemudian shalat maghrib berjama’ah dan dilanjutkan doa awal tahun yang dipimpin sendiri oleh saya. kegiatan pun dilanjutkan dengan pawai obor yang dipimpin oleh ketua OSIS, Mahfud Nur Rokhim. Para siswa-siswi dengan semangat berjalan kaki sambil mengumandangkan shalawat yang diiringi tim marawis SMP Islam Mentari Indonesia asuhan bapak ustadz Aminudin, S.Pd.I.

Dzikir bersama, doa akhir tahun dan awal tahun.

Dzikir bersama, doa akhir tahun dan awal tahun.

Pawai obor Muharram 1436 H

Pawai obor Muharram 1436 H

Rute pawai melalui komplek perumahan Wahana Harapan, Gerbang Perum Puri Harapan, Desa Setia Asih, Pondok Ungu Permai, Komplek Deptan dan kembali ke sekolah kemudian ditutup dengan shalat isya berjama’ah. Semoga tahun baru hijriah 1436 ini dapat membawa kita ke arah perubahan yang lebih baik lagi sebagaimana sabda rasul bahwa beruntunglah bagi orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin. Hari demi hari bulan demi bulan dan tahun demi tahun hendaknya senantiasa kita isi dengan semangat perubahan dan amal shaleh yang terus meningkat. Sejarah Hijriah adalah lintasan sejarah hijrah dari keburukan menuju kebaikan. Hijrah ke hari yang lebih cerah dan penuh berkah.

Selamat Tahun Baru 1436 H.

Selamat Tahun Baru 1436 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *