Minggu 12 Februari 2017 saya berkesempatan berkolaborasi dengan teman2 mahasiswa di Akademi Keperawatan (Akper) Hang Tuah Jakarta. Selama 6 jam saya memberikan materi seputar organisasi dan pengembangannya di kampus yang terletak di komplek RS TNI AL. Dr Mintoharjo Jakarta. Setibanya di lokasi saya disambut oleh panitia kemudian ibu Dewi, dosen yang membimbing para mahasiswa. Saya dan bu Dewi berbincang di kantor seputar kegiatan mahasiswa sambil menunggu teman-teman panitia menyiapkan perlengkapan.

Training saya bagi ke dalam 3 sesi dimana tiap sesinya selalu ada games menarik dan seru yang menambah semangat para peserta. Sebanyak 60 peserta yang ikut di ruang aula sangat antusias dan partisipatif dalam tiap sesinya. Pada pembukaan saya awali dengan sesi motivasi berorganisasi. Dengan harapan seperti yang disampaikan bu Dewi bahwa ke depannya agar mahasiswa-mahasiswa bisa aktif berorganisasi di kampus khususnya yang baru. Sesi kedua dilanjut dengan materi Dinamika kelompok. Dalam dinamika kelompok mereka bersama-sama menyelesaikan satu tugas kelompok yang bernuansa konflik namun tetap diselingi games.

Sesi ketiga merupakan materi inti yaitu “menjadi pemimpin di era digital”. Sebagaimana outcome dari setiap training organisasi tentu agar dapat memimpin. Materi kepemimpinan kali ini menjadi menarik karena ada tambahan suplemen di era digital. Tak lupa ada tugas kelompok juga yang mereka kerjakan lalu dikumpulkan melalui perangkat digital. Di akhir saya juga memberikan bonus materi NLP yang disinergikan dengan kepemimpinan. Seru, menyenangkan, dan menantang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *