Tangerang, abuabbad.com Training – Minggu, 30 Juli 2017 saya kembali berkesempatan untuk berbagi dan berkolaborasi berlokasi di Hotel Narita Cipondoh Kota Tangerang. Kali ini bersama para guru PNS-DPK Provinsi Banten sekitar 70 peserta dalam Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pemenfaatan Internet Untuk Pembelajaran dan Kenaikan Pangkat Golongan PNS. Workshop ini ditujukan agara para guru PNS yang diperbantukan (DPK) di sekolah swasta mampu meningkatkan kompetensi pedagogik dan menunjang kenaikan pangkat golongan. Sebagaimana kita tahu bahwa bagi guru PNS golongan IIIb yang ingin naik pangkat harus membuat PTK.

Kegiatan ini saya berkolaborasi dengan sahabat saya trainer Kang Namin AB Ibnu Solihin dari motivatorpendidikan.com serta guru trainer saya pak Dedi Dwitagama dari trainerkita.wordpress.com. Kebetulan kami bertiga pernah menjabat sebagai kepala sekolah di masing-masing tempat mengabdi. Pengalaman-pengalaman kami selama menjabat kepsek pun menjadi bagian dari bahan materi untuk sharing. Beberapa peserta pun ada yang guru PNS namun juga menjabat kepsek di sekolah swasta.

Sesi pertama disampaikan oleh pak Dedi tentang motivasi meneliti di kelas dan menjadi guru produktif. Pak Dedi banyak menyampaikan tentang pentingnya guru menjadi produktif bukan hanya menjalankan rutinitas mengajar saja namun juga menulis, meneliti, berkarya, dan sebagainya. Sesi kedua oleh pak Namin disampaikan tentang teori PTK dan tips mudah membuat PTK. Para peserta sangat antusias ketika praktek pembuatan PTK dimulai dari refleksi masalah dalam pembelajaran dan menentukan judul. Pada sesi PTK dibantu saya dan mas Nazmi sebagai fasilitator untuk peserta.

Sesi ketiga bagian saya menyampaikan pemanfaatan internet untuk pembelajaran. Peserta saya arahkan untuk langsung praktek memanfaatkan tools internet yang bisa digunakan untuk pembelajaran semisal Google Classroom (GC). Di akhir saya buatkan kelas virtual bagi peserta di GC untuk bisa terus berkomunikasi dan bisa digunakan untuk sharing follow up dari workshop ini.

Menjelang maghrib kami pun bertiga undur diri dan pamit walaupun peserta masih tetap bertahan di lokasi untuk melanjutkan materi bersama pengawas dinas pendidikan tentang kenaikan pangkat golongan. Semoga para guru-guru di Banten khususnya bisa mengaktualisasikan hasil workshop ini. Salam Berbagi….

Info Training:
www.abuabbad.com
email: training@abuabbad.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *